Ratusan Pol.PP Dites Urine Mendadak, Kasat: Jika Positif Siap-siap Disepak

PESAWARAN – Jika Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Pesawaran positif terindikasi menggunakan narkoba,  Kasat Pol PP Effendi bakal menjadikan hasil test urine sebagai bahan evaluasi perpanjangan kontrak Pol PP honor.

“Jika ada yang positif narkoba, akan kita pertimbangkan dalam perpanjangan kontrak anggota Pol PP pada akhir Tahun 2018,” kata Effendi saat diwawancarai di sela-sela kegiatan test urine  yang digelar Polres Pesawaran di Aula Pemkab setempat, Senin (29/10).

Dijelaskan dia,  berdasarkan keterangan dari Kasat Narkoba Polres Pesawaran, kegiatan ini (test urine) merupakan sebagai langkah preventif untuk pembinaan bagi para pengguna narkoba.

“Maka dari itu sanksinya ya kita rekomendasikan dalam perpanjangan kontrak nantinya bahwa anggota tersebut merupakan pengguna,” jelas dia.

Kata dia, total anggota Pol PP yang ada, baik PNS maupun Honor sekitar 635 orang. Namun tidak semua ikut dalam kegiatan ini,  lantaran ada beberapa anggota yang tetap standby bertugas.

“Untuk jumlah total yang ikut belum diketahui. Karena ada anggota yang kita percaya bersih dari narkoba tidak ikut dalam kegiatan ini, karena harus standby, seperti menjaga di Rumdis Bupati, kantor DPRD, RSUD dan beberapa  tempat lainnya,” jelasnya.

Disinggung terkait informasi akan diadakan test urine sebelumnya, Effendi menuturkan bahwa tak ada pemberitahuan sebelumnya, banyaknya kedatangan para anggota Pol PP karena diinformasikan akan ada arahan dari Bupati terkait perpanjangan kontrak.

“Angota tidak ada yang tau jika akan dilakukan test urine. Awalnya ada pemberitahuan akan ada arahan bupati,  kemudian, tiba-tiba Kasat Narkoba, Fatkurahman datang dan memberikan informasi melakukan test urine,” paparnya

Diketahui, ratusan anggota  ikuti test urine yang dilaksanakan oleh Polres Pesawaran di Aula pemkab setempat. (don)