Masyarakat Puji Kegiatan TMMD di Pesawaran

PESAWARAN – Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 102 TNI Angkatan Darat (AD) Komando Distrik Militer (Kodim) 0421 Lampung Selatan 2018 melakukan sejumlah di wilayah Kecamatan Negri Katon Kabupaten Pesawaran. Diantaranya mempercepat pembangunan jembatan penghubung dua desa, gorong-gorong, rehap rumah ibadah dan pelebaran jalan/pembukaan badan jalan.

“TMMD, selama 30 hari, dimulai dari tanggal 10 Juli kemarin hingga 8 Agustus 2018 mendatang, mengalami peningkatan dalam pengerjaan dan semuanya rata-rata 70 persen di tiga desa dalam pembangunan ini,” ungkap Dandim 0421/LS Letkol (Arm) Untoro Hariyanto melalui Pasiter Kodim Kapten (Inf) Sukandi di dampingi Danramil 421-02 Gedongtataan Kapten (Inf) Suparno, Kamis (26/7).

Diakuinya, untuk perkembangan kegiatan TMMD ke-102 Tahun 2018 di tiga desa. Yakni Desa Rowo Rejo, Desa Sidomulyo dan Desa Grujugan baru Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran wilayah Kodim 0421/Lamsel yang sudah mencapai 70 persen.

“Untuk kegiatan fisik pembuatan badan jalan di Desa Sidomulyo menuju desa Grujugan baru dengan panjang 1200 Meter dan lebar 4 Meter dengan kemajuan pekerjaan fisik sudah mencapai 70 persen, dan pembuatan buka badan jalan untuk Umbul Gading Desa Grujugan Baru dengan panjang 500, lebar 4  meter dengan kemajuan 70 persen,” jelas Pasiter Kodim 0421 Lampung Selatan Kapten (Inf) Sukandi, ketika dikonfirmasi di lokasi.

Menurut Kapten (Inf) Sukandi, untuk pembuatan Jembatan  Penghubung Desa Sidomulyo ke Desa Grojugan baru dengan panjang 12 meter dan lebar 5 meter, dengan kemajuan pekerjaan fisik baru mencapai 40 persen.

“Untuk pekerjaan pembuatan gorong-gorong di dua titik Desa Roworejo sudah mencapai 100 persen dan Dusun Umbul Gading Desa Grujugan Baru dengan kemajuan pekerjaan fisik  80 persen, Sedangkan untuk Rehab musholah kemajuan pekerjaan sudah mencapai 45 persen saat ini semua pekerjaan tinggal perapian nya saja,” jelasnya.

Bukan itu saja, dalam kegiatan TMMD 102 tahun 2018 ini, TNI juga melakukan kegiatan non fisik seperti jemput bola, yakni bersama Polres Pesawaran menggelar penyuluhan Kamtibmas yang diikuti Tim penyuluh Ipda Muhammad Toni dan Aipda Sri Gunawan dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang di Balai Desa Roworejo Kecamatan Negri Katon.

“Ya, telah dilaksanakan kegiatan non fisik atau penyuluhan dengan materi Kamtibmas dan tertib berkendaraan roda dua dengan roda empat dalam rangka TMMD Ke-102, untuk pemateri sosialisasi atau penyuluhan dari Polres Pesawaran,” katanya.

Salah satu tokoh masyarakat Dusun Grujugan 1 utara Desa Grujugan Baru Kecamatan Negerikaton, mono (48) mengakui adanya kegiatan yang dilakukan oleh  TNI Angkatan Darat Komando Distrik Militer 0421 Lampung Selatan dapat langsung dirasakan masyarakat luas.

“Tentunya saya pribadi sangat mengapresiasi dan berterima kasih dengan bapak-bapak tentara ini. Karena banyak hal yang sudah dilakukan untuk membangun desa kami ini,” cetusnya

Dia menilai kegiatan ini banyak mengandung arti dan manfaat karena masyarakat desa dapat terbantu transpotasi dalam pemutaran ekonomi bagi para petani dan masyarakat lainnya.

“Kegiatan bapak-bapak TNI ini selain membangun desa. Kita merasa senang bapak-bapak TNI  juga melakukan bakti sosial seperti pemeriksaan kesehatan memberikan wawasan serta memberikan penyuluhan,”ujarnya

Rasa perhatian TNI terhadap masyarakat bukan hanya skala pembangunan saja. Bahkan TNI juga memperhatikan rumah ibadah seperti melakukan pembuatan pagar, membuat tempat wudhu dan WC, pemasangan plafon, dan pemasangan keramik teras di Musholah Nurul Islam, Dusun Grujugan 1 Utara, Desa Grujugan Baru Kecamatan Negri Katon Pesawaran. (don)