Kopi Robusta Liwa dan Barista Lambar Raih Juara di Colorful Muara Enim Festival

LAMPUNG BARAT –  Kopi Robusta dan Barista Lambar yang dikelola UKM Mutiara Luwak yang mengikuti Kompetisi Beatle V 60 dan Asep dari UKM Uwok’s Kopi meraih hasil cukup membanggakan di Coloful Muara Enim Festival, Minggu (24/3) di Taman GOR PT.Bukit Asam (Tbk) Tanjung Enim.

Kasie Pengelolaan Hasil Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan  Lampung Barat Ulian Hamdi SE, mewakili Plt. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan  Lampung Barat Agustanto Basmar, saat dihubungi membenarkan hal tersebut.

Lampung Barat, kata Ulian, dalam kegiatan ini berhasil meraih  Juara IV Kompetisi Beatle V 60 (Barista) dan juara IV Kompetisi cita rasa kopi terfavorit, dengan mendapatkan uang pembinaan, piagam serta piala.

Kegiatan ini selain di ikuti oleh Lampung Barat sebagai satu-satunya peserta dari Provinsi Lampung, juga diikuti oleh peserta dari Aceh, Medan, Pulau Jawa dan dan beberapa kabupaten di Sumatera Selatan.

Dia juga menerangkan, sebanyak 8 peserta dari Palembang, Lahat, Pagar Alam dan Lampung Barat, merupakan peserta yang ikut dalam Lomba Barista. Sementara untuk lomba Cita Rasa ada 22 peserta dengan 10 sample kopi dari Sumsel dan Lampung Barat.

Kopi terfavorit yang meraih juara IV yang ikut dalam lomba ini merupakan varietas unggul lokal korolla 2 (tugu hijau). Korolla (Kopi Robusta Liwa Lampung Barat) merupakan salah satu klon kopi unggul yang baru dilepas dengan telah diterbitkannya SK Dirjenbun tentang pelepasan varietas unggul lokal.Ini bagian bukti kalau korolla 1-4 memiliki citarasa yang enak jika dikelola dengan baik. (Jul)