LAMPUNG TIMUR – Perubahan status dari zona merah ke orange tidak serta merta membuat Kodim 0429/Lamtim mengendurkan kegiatan operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan guna memutus penyebaran covid-19 di Kabupaten Lampung Timur.

Hal ini di sampaikan langsung oleh Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis di ruang kerjanya (Jum’at, 29/1/2021).

Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi seluruh anggota yang telah bersinergi dengan Polri dan instansi terkait sehingga hasil ini bisa dicapai.

“Alhamdulillah Lampung Timur sudah turun menjadi zona orange. Terimakasih kepada para Perwira dan anggota yang sudah bekerjasama dengan instansi lain berupaya dilapangan, tetap laksanakan pendisiplinan Prokes dan jaga kesehatan,” ujar Dandim.

“Situasi ini jangan lantas membuat menjadi lengah dan kendur yang justru membuat blunder dan kita kembali ke zona merah, akan tetapi jadikan sebagai pemicu untuk terus lebih mendisiplinkan masyarakat termasuk mensosialisasikan instruksi Bupati tentang pembatasan kegiatan masyarakat, sehingga penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Lampung Timur semakin baik,” tutup alumni Akmil 2001 ini.

Perubahan status dari zona merah ke orange ini juga disampaikan langsung oleh Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Lamtim, Mashur Sampurna Jaya, yang mengatakan saat ini berdasarkan data yang dirilis oleh Pemerintah Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Timur masuk zona orange (sedang).

”Patut kita syukuri, Boemi Tuah Bepadan masuk zona orange (resiko sedang) dan kita meminta masyarakat agar selalu menaati protkes yang ada,” ujar Mashur.

Walau demikian, lanjut Mashur, kita terus berupaya terus supaya Lampung Timur tidak terpapar Covid-19.

Dari data resmi Bappeda Provinsi Lampung tertanggal 28 Februari 2021, dari 15 kota dan kabupaten. Zona Merah yakni Bandar Lampung, Kota Metro dan Lampung Tengah, sedangkan masuk katagori zona orange Mesuji, Tulang Bawang, Lampung Timur, Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat, Lampung Utara, Way Kanan, Tulang Bawang Barat.

”Akan tetapi kami tetap meminta kepada masyarakat agar selalu menaati peraturan yang ada, mulai dari selalu mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan,” pungkasnya. (Rusman)