Buka O2SN, Wawali Minta Pelajar Jauhi Narkoba

METRO – Wakil Walikota (Wawali) Metro Djohan resmi membuka lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Lapangan Iringmulyo Metro Timur, Kamis (21/3/2019).

O2SN diperuntukkan bagi pelajar tingkat tingkat SD/MI, SMP/Mts Negeri dan SMP Swasta se-Kota Metro.

Djohan mengatakan, pelajar sebagai generasi muda adalah aset bangsa. Di tangan mereka negara ini nanti berada. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memberikan upaya positif dan pembinaan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Namun kita sadari saat ini begitu banyak permasalahan yang berkembang di kalangan remaja. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang luar biasa cepat, serta ancaman peredaran narkoba. Karena itu saya ingatkan para pelajar agar menjauhi narkoba. Jangan pernah berfikir untuk coba-coba, karena tidak akan ada manfaatnya,” tegasnya.

Djohan juga para orang tua dan pendamping seperti guru di sekolah dapat ikut mengawasi serta menyaring informasi yang benar dan baik bagi perkembangan intelektual dan psikologis anak.

“Jangan sampai perkembangan dan kecanggihan teknologi malah menjadi bumerang yang berbalik merugikan para penerus bangsa,” pesannya.

Dengan lomba O2SN ini, sambung Djohan, diharapkan mampu menyalurkan potensi para pelajar SMP yang sedang dalam masa pencarian jati diri dan memiliki semangat sangat besar dalam berbagai aktivitas. Pun olahraga adalah salah satu elemen pendidikan karakter yang berasaskan religius, integritas, nasionalisme, mandiri, dan gotong royong.

“Jadi kegiatan penyaluran bakat dan minat olahraga para pelajar ini patut kita dukung dan apresiasi. Karena sangat selaras dengan upaya-upaya untuk membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah,” tutupnya.

Selain Wakil Walikota Metro Djohan, pembukaan O2SN juga dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Ria Andari, Ketua Dewan Pendidikan Yahya Wilis, dan Kadiskominfo Farida. Diketahui, ada 5 cabang olahraga akan dilombakan pada O2SN tingkat SD dan SMP sederajat.

Untuk tingkat SD, cabor yang akan dilombakan adalah Kids Atletik di Lapangan Iringmulyo, Renang di Kolam Renang Tejosari, Karate di Gedung KNPI, Badminton di Lapangan Kelurahan Purwosari, dan Pencak Silat di Padepokan IPSI. Untuk SMP, cabor yang dilombakan adalah Atletik di Stadion Tejosari, Renang di Kolam Renang Tejosari, Badminton di Lapangan SMPN 1, Karate di Gedung KNPI, dan Pencak Silat di Padepokan IPSI.

Perlombaan cabor Atletik, Renang, Karate, dan Badminton akan dilaksanakan pada 21-23 Maret 2019. Sedangkan cabor Pencak Silat pada 27-29 Maret 2019. (Arby)